Lambang

UNSUR, MAKNA & ISI LAMBANG STAI



Isi lambang STAI IBNU SINA unsur unsur inti, yaitu :

  1. Tulisan Aksara Arab yang berbunyi ”Ibnu Sina” dan diatasnya juga bertuliskan Aksara Arab bermakna “27 rajab 1397” serta dibawahnya terdapat tulisan latin bermakna ”14 Juli 1977”
  2. Tulisan Ibnu Sina, 27 Rajab 1397 dan 14 Juli 1977 tersebut pada angka(1) diatas,dilingkari oleh sebuah gambar MATAHARI yang bersinar.
  3. Gambar Matahari yang tersebut pada angka (2), di atas dilingkari oleh tulisan yang berbunyi ”SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM IBNU SINA”.
  4. Kesemua tulisan dan gambar pada angka (1), (2), dan (3) diatas dilingkari pula oleh gambar segilima berujung pangkal sebagai bingkainya.

Arti dan Makna Lambang Secara Keseluruhan

  1. STAI ibnu sina merasa terpanggil untuk mendidik dan membina mahasiswa/mahasiswi menjadi insane yang berilmu, beramal soleh dan bertaqwa kepada Allah SWT demi kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
  2. Gambar Matahari yang bersinar laksana pancaran Nur Ilahi yang mendorong segenap warga Kampus untuk aktif mempelajari IPTEK (Ilmu Pengetahuan/Teknologi) dan mengamalkan IMTAQ (Iman Dan Taqwa) semaksimal mungkin guna mensukseskan Pembangunan Bangsa dibawah naungan Ridho Allah SWT.
  3. Ibnu sina adalah seorang filosof, Intelektual, Bapak Ilmu Kedokteran dan Pengarang Muslim kaliber Internasional yang sangat diharapkan untuk diteladani oleh umat manusia, khususnya bagi warga Kampus STAI Ibnu Sina.
  4. Tanggal-tanggal tersebut di atas bermakna kelahiran sedangkan perguruan Ibnu Sina mulai berdiri pada bulan Januari 1976
  5. Lingkaran persegi lima adalah Lambang persatuan dan persaudaraan yang berakidah-kan Islam dan berasaskan Pancasila